GARUDA TV

Rumor MotoGP Musim 2024 : Tim-tim MotoGP Bersiap Lakukan Perombakan Besar

Rumor MotoGP Musim 2024 : Tim-tim MotoGP Bersiap Lakukan Perombakan Besar

Apakah Marc marquez akan tetap di Honda? (sumber : MotoGP.com)

MotoGP tahun 2023 masih tersisa setengah musim, tapi rumor mengenai para pembalap dan timnya untuk MotoGP 2024 sudah mengemuka. Berikut beberapa rumor mengenai perubahan tim dan pembalapnya yang diberitakan oleh crash.net.

Ducati

Spekulasi masa depan Enea Bastianini, yang musim pertamanya sebagai pembalap pabrik telah terganggu oleh cedera, telah dikonfirmasi oleh Ducati yang akan tetap mempercayai dia dan Francesco Bagnaia sebagai pembalap tim Ducati.

Jorge Martin dari Pramac sekarang kemungkinan akan tetap tinggal meskipun awalnya sempat terlibat dengan Yamaha. Rekan setimnya, Johann Zarco, kemungkinan masih akan dikorbankan untuk memberi prioritas kepada pembalap muda Ducati – ia mungkin terpaksa menggunakan motor ’23-spec pada 2024 untuk mendukung Marco Bezzecchi.

Zarco dikaitkan dengan beralih ke WorldSBK jika Ducati perlu mengosongkan tempat dalam susunan MotoGP mereka. Kontrak Alex Marquez dan Fabio di Giannantonio dengan Gresini Racing akan berakhir pada akhir musim ini, namun hanya satu di antaranya yang diharapkan untuk tetap bertahan. Pemain yang akan dipertahankan adalah Marquez. Bintang Moto2, Tony Arbolino, sudah siap untuk menggantikan posisi Di Giannantonio.

Marco Bezzecchi dari Team Mooney VR46 telah menyatakan keinginannya untuk mendapatkan motor pabrikan. Dalam beberapa pertimbangan, ia mungkin akan pindah ke Pramac untuk memenuhi keinginannya tersebut, atau bahkan pindah ke Yamaha.

Namun, tampaknya Ducati akan membiarkannya tetap berada di dalam VR46 (pilihan Bezzecchi) sambil mengendarai Desmosedici resmi pada musim depan. Tempat Luca Marini juga aman di tim yang dikelola oleh saudaranya, Valentino Rossi.

Honda

Marc Marquez mendapatkan kesepakatan tertinggi dalam MotoGP yang berlangsung hingga akhir 2024, namun rumor tetap beredar bahwa ia bisa berganti tim musim depan. KTM adalah tim yang paling sering dikaitkan meskipun mereka telah membantahnya – meskipun tidak menutup sepenuhnya peluang bagi juara MotoGP enam kali tersebut.

Joan Mir, rekan setim Marquez di Repsol Honda, sempat dikaitkan dengan kepindahan ke Gresini Racing untuk mengakhiri musim debut mengerikan bersama Honda. Namun tampaknya sekarang ia tidak dianggap sebagai calon untuk bergabung dengan barisan Ducati.

Alex Rins dari LCR Honda diyakini akan memenangkan perlombaan untuk bergabung dengan Yamaha – kemungkinan besar keputusan ini akan dikonfirmasi sebelum akhir pekan balapan di Silverstone. Takaaki Nakagami, rekan setim Rins, adalah satu-satunya pembalap Honda yang cukup fit untuk berlaga pada balapan terakhir, namun ia berisiko kehilangan tempatnya dengan Ai Ogura menunggu kesempatan naik ke kelas MotoGP.

Rumor MotoGP Musim 2024 : Tim-tim MotoGP Bersiap Lakukan Perombakan Besar
Jorge Martin dan Marco Bezzecchi (sumber : MotoGP.com)

Yamaha

Dengan hanya dua motor di grid, dan tanpa kemungkinan memiliki tim satelit pada 2024, Fabio Quartararo akan tetap menjadi pembalap bintang mereka dan berharap mendapatkan motor yang lebih kompetitif. Tetapi Yamaha tahu bahwa Quartararo tidak akan betah jika mereka tidak bisa memberikan motor yang lebih kompetitif.

Franco Morbidelli, rekan setim Quartararo, selalu dikaitkan dengan kepindahan sepanjang musim ini dan tampaknya akan menjadi hal yang tidak terhindarkan. Kontrak Morbidelli akan berakhir pada akhir musim ini, dan Alex Rins kemungkinan akan menggantikannya.

Yamaha telah menawarkan Morbidelli kursi di WorldSBK, namun ia belum menerima tawaran tersebut karena masih menunggu kursi di MotoGP. Pilihan terbaik tampaknya adalah Gresini Racing atau LCR Honda.

KTM

Aspek menarik dari bisnis KTM adalah pengakuan mereka bahwa mereka mencoba – dan gagal – untuk membeli LCR untuk menambahkan tim satelit mereka sendiri. Hal ini dikaitkan dengan kemungkinan Marc Marquez dan Pedro Acosta, namun untuk saat ini masih merupakan impian belaka.

Kehadiran bakat remaja Acosta memberikan KTM masalah. Di mana mereka bisa menemukan tempat bagi prodigy yang brilian ini? Jack Miller dan Brad Binder sudah memiliki kontrak dan pasti akan bertahan sebagai pembalap pabrik.

Pol Espargaro dari Tech3 GASGAS juga sudah memiliki kontrak dan akan tetap bertahan, meskipun tidak tampil dalam balapan sepanjang musim ini karena cedera parah. Siapa yang tahu berapa banyak yang bisa dia berikan lagi di masa depan?

Awalnya, Augusto Fernandez tampak menjadi korban keinginan Acosta untuk mendapatkan tempat di MotoGP, namun kontraknya telah diperpanjang untuk musim 2024. Acosta kemungkinan akan ditempatkan di LCR Honda musim depan sebelum KTM mempertimbangkan untuk membawa tim satelit di bawah payung mereka sendiri pada 2025. Masih banyak hal yang harus dipertimbangkan bagi KTM.

Aprilia

Tidak akan ada perubahan di Aprilia. Pasangan pabrik Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, serta Miguel Oliveira dan Raul Fernandez dari RNF, sudah memiliki kontrak untuk 2024.

Follow berita GarudaTV di

Follow Berita GarudaTV di Google News
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI

Add New Playlist